Kamis, 13 Desember 2012

PROFIL SMP NEGERI 9 DUMAI TAHUN 2012


SMP NEGERI 9 DUMAI
Berawal dari sebuah sekolah menengah pertama persiapan yang berdiri tahun 2002, kini Sekolah ini telah resmi menjadi sekolah negeri di Kota Dumai kecamatan sungai sembilan kelurahan basilam baru dengan di resmikan pada tahun 2003 dengan nama SMP Negeri 9 Dumai yang kini sudah berakreditasi B dengan jumlah siswa rata-rata keseluruhan setiap tahun ajarannya 300 siswa
Sekolah ini merupakan sekolah yang berdiri di lahan salah satu tokoh masyarakat kelurahan basilam baru,yang kemudian di hibahkan kepada pemko Dumai,dengan tujuan agar masyarakat kelurahan basilam baru khususnya dapat menyekolahkan anak-anak mereka tidak seberapa jauh, dan untuk meningkatkan SDM masyarakat kelurahan basilam baru.
Pada tahun 2002, Sekolah yang masih bernama Sekolah menengah pertama persiapan basilam baru,di pimpin oleh seorang pemimpin yang bernama Mimi arwita,S.Pd. kepemimpinan beliau hanya satu tahun menjelang penegrian sekolah ini. Kemudian pada tahun 2003 sekolah ini resmi menjadi negeri yang kemudian di pimpin oleh  kepala sekolah yang bernama Drs. Abu Hasan As’ari hingga beliau di gantikan oleh kepala sekolah baru pada tahun 2009 yang bernama Drs. Mangarahon Rambe,yang bertugas dan menjabat sebagai kepala sekolah hingga sekarang.
Prestasi sekolah pun sudah lebih dari satu yang di raih, seperti juara dua lomba pramuka penggalang tahun 2010 seKota Dumai,juara 2 syair seKota Dumai dan lain sebagainya.
Kini SMP N 9 Dumai sudah berdiri lebih dari sembilan tahun,dan mempunyai kelas jauh yang terletak di daerah tianjung, salah satu daerah transmigrasi di Kota Dumai. Berjumlahkan tenaga pendidik dan kependidikan sebanyak 24  personel yang diantaranya satu kepala sekolah 17 Guru mata pelajara 4 tenaga administrasi, 1 penata taman dan 1 penjaga sekolah, siap untuk memajukan pendidikan di Kota Dumai khususnya dan indonesia pada umumnya.



PROFIL SEKOLAH

Nama Sekolah
NPSN
NSS
Satuan Pendidikan
Status Sekolah
Alamat


Email
Telp Sekolah/ Fax.
Nama Kepala Sekolah
Hp. Kepala Sekolah
Jumlah Siswa
:
:
:
:
:
:


:
:
:
:
:
SMP Negeri 9 Dumai
10404982
201090612020
SMP
Negeri
Jl. Pelajar Kelurahan Basilam Baru
Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai
Prov. Riau Kode Pos 28834
smpn9dumai@gmail.com
-
Drs. MANGARAHON RAMBE
0813 6563 3503
Kelas
7
8
9
Jumlah
Jenis Kelamin
L
P
L
P
L
P
L
P
Jumlah
43
58
47
45
31
35
121
138
Total L+P
101
92
66
259
Jumlah Rombel
3
3
3
9

Status Akreditasi Sekolah
Tahun Akreditasi
Tahun Sekolah Didirikan
Tahun Penegerian
Status Kepemilikan Bangunan
Luas Bangunan
Status Kepemilikan Tanah
Luas Tanah

:
:
:
:
:
:
:
:

B
2008
2002
2003
Milik Pemerintah
1,400 m2
Milik Pemerintah
17,500 m2














VISI DAN MISI SEKOLAH

A.    Visi Sekolah
Unggul dalam prestasi, terdidik, terlatih, serta mampu menatap tantangan masa depan.

B.    Misi Sekolah
1.     Mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran dan bimbingan secara kontiniu.
2.     Menumbuhkan sikap gemar membaca sehingga mampu menyerap informasi secara luas.
3.     Melaksanakan manajemen peningkatan mutu sekolah dengan melibatkan seluruh unsur terkait.


















URAIAN TUGAS GURU YANG DISERAHI TUGAS TAMBAHAN
SMP NEGERI 9 DUMAI
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
 
A.   KEPALA SEKOLAH ( Drs.Mangarahon Rambe )
                ---------------------------------------------------------
1.   Merencanakan Program kerja sekolah ( Anggaran Bulanan Semester dan Tahun )
2.   Merencanakan R A P B S
3.   Mengkoordinasi kegiatan UAS /UN / PSB
4.   Mengawasi dan membina pengelolaan KBM
5.   Merencanakan dan membina pengembangan profesi dan karir Staf
6.   Merencanakan pengembangan perberdayaan guru dan pemeliharaan sarana prasarana
7.   Menyelenggarakan  administrasi  sekolah ( keuangan, ketenagaan, kesiswaan, perlengkapan, kurikulum )
8.   Mengkoordinir pengembangan kurikulum
9.    Mengevaluasi program kegiatan kerja sekolah
11. Mengajar 8 jam per minggu
12. Membuat laporan berkala dan isidentil
13. Membuat DP3 Staf dan Guru
14. Mengkoordinasi Penerimaan Siswa Baru

B.       WAKA. URUSAN KURIKULUM (M.Azahan Daulay. )
                ------------------------------------------------
1.   Membantu kepala sekolah merencanakan program kerja sekolah
2.   Bertanggung jawab dalam pelaksanaan urusan sekolah terutama KMB
3.   Menyusun  program pengajaran
4.   Menyusun jawdwal dan pelaksanaan ulangan umum serta ujian akhir
5.   Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran
6.   Menetapkan kriteria persyaratan naik/tidak naik dan kriteria kelulusan serta menyusun dan membuat target kurikulum dan daya serap
7.   Mengarut jadwal penerimaan buku laporan penilaian hasil belajar dan STTB
8.   Mengkoordinasi dan mengarakan penyusunan satuan pelajaran
9.   Membuat kalender pendidikan
10. Menyusun Laporan Pelaksanaan pelajaran
11. Membina Kegiatan MGMP
12. Membina kegiatan lomba-lomba Akademis

C.   WAKA. URUSAN KESISWAAN (Yenny Gurning, S.Pd . )
             --------------------------------------------------
1.   Membantu kepala sekolah merencanakan program kerja sekolah
2.   Menyusun program pembinaan kesiswaan / OSIS
3.   Melaksanakan bimbingan pengarahan  dan pengendalian kegiatan siswa/ osis
4.   Membina pengurus osis dalam berorganisasi
5.   Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan isidentil
6.   Membina dan mengkoordinir keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindangan,, keindahan dan kekeluargaan ( 7 K )
7.   Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima Beasiswa
8.   Mengadakan pemilihan calon siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan diluar sekolah
9.   Mengatur mutasi siswa
10. Menyusun program kerja ekstra kurikuler
11. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala

D.   WAKA. URUSAN SARANA DAN PRASARANA (Rita Astuti, S.Pd.)
                  ------------------------------------------------
1.   Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana
2.   Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana
3.   Pengelolah alat-alat pelajaran
4.   Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana secara berkala

E.   WAKA. URUSAN HUMAS ( Salbiah, S.Ag. )
                 ---------------------------
1.   Bertanggung jawab kepada sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan proses belajar    mengajar secara efektif dan efisien.
2.  Bertanggung jawab atas hubungan dengan masyarakat, dan dapat bekerja sama dengan  pihak lain yang ada hubungannya dengan pihak sekolah.

F.  TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB GURU MELIPUTI :
           -------------------------------------------------------------------
a.   Membuat program pengajaran :
1.   Analisi Materi Pelajaran ( AMP)
2.   Program tahunan /semester
3.   Program satuan pelajaran ( Satpel )
4.   Program rencana pelajaran (RP )
b.   Melaksanakan kegiatan pembelajaran
c.   Melaksanakan kegitan penilain belajar, ulngan harian , catur wulan / tahuinan]
d.   Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
e.   Melaksanakan program  perbaikan dan pengayaan
f.    Mengisi daftar nilai siswa
g.   Melaksanakan kegiatan bimbingan siswa dan kegiatan PBM
h.   Membuat alat pelajaran /peraga
i.    Menciptakan karya seni
j.    Mengikuti pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
k.   Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
l.    Mengadakan pengembangan bidang pengajaran yang menjadi tanggung jawab
m.  Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing-maasing siswa
n.   Meneliti daftar hadir sebelum memulai pelajaran
o.   Mengatur kebersihan ruangan kelas
p.   Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkat

G. WALI KELAS
 ------------------
Wali kelas membantu kepala sekolah dalam kegiatan–kegiatan sebagai berikut :
a.   Pengelola kelas
b.   Penyelunggraan administrasi kelas meliputi :
1.   Denah tempat duduk siswa
2.   Papan absen siswa
3.   Daftar pelajaran kelas
4.   Daftar piket kelas
5.   Buku absen siswa
6.   Buku kegiatan pembelajaran / b. Kelas
7.   Tata tertib kelas
c.   Penyusunan / pembuatan statistik bulanan siswa
d.   Pengisian daftar kumpulan tentang siswa
e.   Pencatatan khusus tentang siswa
f.    Pencatatan mutasi siswa
g.   Pengisian buku lapor penilaain hasil belajar
h.   Pembagian buku PHB

H.   KEPALA PERPUSTAKAN SEKOLAH (Yuni Asnita,S.Pd)
                ---------------------------------------------------------
Pustakawan sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
a.   Merencanakan pengadaan buku /buku pustaka/media elektonika
b.   Mengurus pelayanan perpustakaan
c.   Merencanakan pengembangan perpustakaan
d.   Memeliharta dan memperbaiki buku-buku/bahan perpustakaan/ media elektronika
e.   Mengiventarisasi dan mengadministrasikan buku-buku/bahan pustaka / media elektronika

M. KEPALA LABORATORIUM IPA DAN KOMPUTER ( Masrukin,S.Pd & Kresmiaty, S.Pd)
--------------------------------------------------------------------
1.   Membuat program kerja                                                   
2.   Melaksanakan praktek LAB
3.   Mengembangan praktek LAB
4.   Memelihara alat-alat  LAB                                                 
5.   Menyiapkan bahan–bahan
6.   Mengkoordinasikan kegiatan praktek
7.   Perencanaan kebutuhan bahan praktek
8.   Pengawasan pelaksanaan praktek
9.   Membuat laporan / analisis tentang kemajuan praktek
10. Lain-lain persiapan yang diperlukan dalam pelaksanaan praktek

N. GURU PIKET
--------------------
1.   Hadir disekolah sebelum pukul 07.20 WIB sampai dengan 13.00 WIB kecuali hari jum’at dan sabtu sebelum pukul 07.15 s.d 11.05 WIB.
2.   Memberikan tugas kepada siswa yang datang terlambat dan memberi izin masuk kelas pada jam-jam berikutnya
4.   Mengontrol KBM pada hari yang bersangkutan dan mengisi jam pelajaran yang kosong untuk kelancaran KBM
5.   Memberi dan menolak izin siswa bagi siwa yang akan meninggalkan lokasi pada waktu KBM berlangsung
6.   Mencatat semua kegiatan pada buku piket
7.   Menyelesaikan kasus pada waktu itu, dan apabila tidak tuntas diserahkan kepada kepala sekolah
8.   Melaporkan KBM dan menyerahkan buku piket kepada kepala sekolah pada hari yang bersangkutan  setelah KBM selesai.


URAIAN TUGAS TENAGA NON KEPENDIDIKAN
SMP NEGERI 9 DUMAI
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
 
A.      KEPALA TATA USAHA
                ---------------------------------------------------------

B.   TATA USAHA BAG. KEUANGAN (JENES IRAWAN)
       ---------------------------------------------------------
Membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
  1. Pembuatan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS).
  2. Permintaan dan Pembayaran Gaji Guru dan Pegawai.
  3. Permintaan dan Pembayaran dana Rutin berdasarkan alokasi DIK Tahun Anggaran 2012.
  4. Mempersiapkan Administrasi keuangan berdasarkan petunjuk Walikota Dumai dan Dinas Pendidikan.
  5. Mengajukan permintaan Honor Guru, GTT/kelebihan jam mengajar lebih dari 24 jam mengajar Guru ke Dinas Pendidikan Kota Dumai.
  6. Tutup Buku akhir tahun anggaran.

C.   TATA USAHA BAG. KEPEGAWAIAN (M. YAMIN)
       ---------------------------------------------------------
Membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
  1. Perencanaan kebutuhan tenaga melalui format R.7/R.8.
  2. Pembinaan Guru dan Pegawai.
  3. Peningkatan kesejahteraan Guru dan Pegawai.
  4. Pembuatan Daftar urutan kepangkatan.
  5. Pengusulan Dupak Guru
  6. Pengusulan kenaikan pangkat Guru dan Pegawai.
  7. Pengusulan kenaikan KGB Guru dan Pegawai.
  8. Pemberian DP3 Guru dan Pegawai.
  9. Pembuatan LP2P Guru dan Pegawai.
10. Membuat surat permohonan cuti bagi Guru dan Pegawai di tujukan ke Dinas Pendidikan.

D.   TATA USAHA BAG. KESISWAAN (ERLINA WATI)
    ---------------------------------------------------------
Membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
  1. Mempersiapkan administrasi operasional KBM yang berbentuk teknik blangko sarana Pendidikan berdasarkan Kalender Pendidikan dari Dinas Pendidikan.
  2. Mempersiapkan dan memperbaharui data siswa.
  3. Membuat laporan data siswa pada papan statistik sekolah berdasarkan Kalender Pendidikan.
  4. Mengadakan buku administrasi siswa, sesuai dengan petunjuk-petunjuk Kepala Sekolah.
  5. Mengadakan administrasi buku kliper, buku induk, sesuai dengan kebutuhan sekolah.
  6. Mempersiapkan legalisir administrasi sekolah Tahun Pelajaran 2012/2013.


E.   TATA USAHA BAG. UMUM (AGUS DARMAWAN)
    ---------------------------------------------------------
Bertugas sebagai berikut :
  1. Operator Sistem Evaluasi Diri Sekolah.
  2. Operator Sistem Pendataan Online Sekolah.
  3. Membantu Bendahara Keuangan Sekolah dalam pengolahan data secara online.
  4. Membuat dan menyampaikan Laporan Bulanan ke Disdik.
  5. Membuat dan menyampaikan LKIS.
  6. Mempersiapkan kebutuhan peralatan untuk pegawai.
  7. Mempersiapkan data calon peserta UN/UAS TP. 2012/2013.
  8. Membantu Kepala Sekolah mempersiapkan akreditasi sekolah.

F.   PERTAMANAN (MUJONO)
    ---------------------------------------------------------
Bertugas sebagai berikut :
1.    Membuat daftar kebutuhan alat dan bahan untuk pertamanan secara periodik.
2.    Membuat jadwal pengelolaan dan perawatan.
3.    Membuat dan menciptakan lingkungan sekolah menjadi bersih, rapi, nyaman dan indah.
4.    Memeriksa dan memperbaiki meubeler sekolah yang rusak ringan.

G.   PENJAGA SEKOLAH (AFRIZAL)
    ---------------------------------------------------------
Bertugas sebagai berikut :
1.    Menjaga keamanan lingkungan sekolah 2x24 jam.
2.    Membuat pelaporan kepada Kepala Sekolah tentang keadaan dan kondisi sekolah secara berkala.
3.    Membantu dan menciptakan lingkungan sekolah menjadi bersih, rapi, nyaman, indah dan aman.
4.    Menyambut tamu sekolah dan memberikan informasi yang diperlukannya.



Ditetapkan di        :       Dumai
Pada Tanggal        :      Juli 2012
----------------------------------------Kepala Sekolah,




DRS.MANGARAHON RAMBE
NIP. 196509151996021001













Tugas Pokok Komite Sekolah
(M. ROZALI)

Bersama pihak sekolah merumuskan dan menetapkan visi dan misi sekolah
1.     Menyelenggarakan rapat-rapat komite sesuai dengan program yang ditetapkan
2.     Bersama pihak sekolah menyusun dan menetapkan standar pelayanan pembelajaran di sekolah
3.     Bersama pihak sekolah menyusun dan menetapkan rencana strategik pengembangan sekolah
4.     Bersama pihak sekolah menyusun dan menetapkan rencana kerja tahunan sekolah yang dirumuskan dalam Rencana Anggaran dan Belanja Sekolah (RAPBS)
5.     Membahasdan menetapkan pemberian tambahan kesejahteraan bagi Kepala Sekolah, guru dan tenaga administrasi sekolah yang berasal dari masyarakat / orangtua
6.      Bersama pihak sekolah mengembangkan prestasi unggulan, baik yang bersifat akademis (nilai tes harian, semesteran, dan ujian sekolah / ujian nasional), maupun yang bersifat non-akademis (keagamaan, olahraga, seni dan atau keterampilan)
7.      Menghimpun dan menggali sumber dana dari masyarakat luas untuk meningkatkan kualitas pelayanan di sekolah
8.      Mengelola dana yang bersumber dana dari masyarakat luas untuk kepentingan peningkatan layanan pendidikan yang bermutu
9.      Menampung dan menyalurkan kontribusi masyarakat yang berupa material dan non material (tenaga, pikiran) yang diberikan kepada sekolah
10.    Mengevaluasi pelaksanaan program sekolah sesuai dengan kesepakatan dengan pihak sekolah, meliputi : pengawasan penggunaan sarana dan prasarana sekolah, pengawasan keuangan secara berkala dan berkesinambungan
11.    Mengidentifikasi berbagai permasalahan yang dihadapi sekolah dan mencari solusinya bersama pihak sekolah
12.    Bersama pihak sekolah mengembangkan kurikulum yang ditetapkan pemerintah sesuai dengan kebutuhan dan potensi sekolah untuk menjadi program unggulan
13.    Memberikan motivasi dan penghargaan (baik berupa materi maupun non materi kepada tenaga kependidikan atau pihak lain yang berjasa kepada sekolah sesuai dengan peraturan yang berlaku)
14.    Membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan proses dan hasil pendidikan
15.    Memantau pelaksanaan proses pelayanan dan hasil pendidikan di sekolah
16.    Mengkaji laporan pertanggungjawaban pelaksanaan program yang disampaikan oleh Kepala Sekolah
17.    Menyampaikan usulan atau rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah
18.    Bersama pihak sekolah memantau dan mendata anak yang tidak mampu untuk mendapat bantuan keringanan dan / atau pembebasan biaya pendidikan berdasarkan ketentuan yang berlaku.
19.    Bersama pihak sekolah memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi, baik itu yang bersifat akademis ataupun non-akademis.



Kepala SMP Negeri 9 Dumai,




DRS.MANGARAHON RAMBE
NIP. 196509151996021001

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar